Pep Guardiola Menjadi Pelatih Manchester City Baru

Pep Guardiola Menjadi Pelatih Manchester City Baru –┬áMasa depan Pep Guardiola yang akan mengakhiri kontraknya sebagai manajer Bayern Munich di akhir musim ini semakin jelas. Hal tersebut disebabkan kubu Manchester City yang telah mengumumkan tugas manajer Manuel Pellegrini akan berakhir pada 30 Juni tahun ini. Posisi manajer Manchester City yang ditinggalkan Pellegrini akan digantikan oleh Pep Guardiola. Pernyataan tersebut dikeluarkan pihak manajemen klub Manchester City dan menghentikan spekulasi terkait masa depan Manuel Pellegrini di Manchester City dan Pep Guardiola yang mengaku ingin menangani klub di Liga Primer Inggris. Pihak klub Manchester City menyebut pernyataan tersebut dikeluarkan tanpa mengesampingkan rasa hormat pada Manuel Pellegrini dan para pemain serta bertujuan untuk menghentikan tekanan akibat spekulasi terkait masa depan manajer klub Manchester City.

Pep Guardiola Menjadi Pelatih Manchester City Baru

Pep Guardiola Menjadi Pelatih Manchester City Baru

Mengakhiri Spekulasi Masa Depan Manajer Manchester City Dan Pep Guardiola

Manuel Pellegrini sepertinya telah sepenuhnya sadar bahwa kontrak yang akan habis di akhir musim ini kemungkinan besar tidak akan diperpanjang. Hal tersebut terkait langsung dengan keputusan Pep Guardiola untuk tidak memperpanjang kontraknya sebagai manajer Bayern Munich dan kenyataan bahwa manajemen klub Manchester City sangat ingin mendatangkan manajer asal Katalan, Spanyol tersebut jika mungkin dilakukan. Keputusan Pep Guardiola untuk tidak memperpanjang kontrak di Jerman berarti membuka kemungkinan bagi Manchester City untuk menggunakan jasanya di musim mendatang. Terlabih lagi Pep Guardiola juga mengaku tertarik untuk menangani klu di Liga Primer Inggris setelah meninggalkan Bundesliga. Beberapa klub Inggris segera dikaitkan dengan Guardiola setelah sang manajer mengeluarkan pernyataan tersebut. Manchester City, Chelsea dan Arsenal disebut – sebut sebagai kandidat klub yang akan dituju oleh Guardiola; sementara Manchester United dikabarkan juga tertarik untuk mendapatkan Guardiola sebagai pengganti Louis Van Gaal. Pengunduran diri Jose Mourinho dari Chelsea dan penujukkan Guus Hiddink sebagai manajer sementara sempat memicu spekulasi terkait tujuan Guardiola selepas menangani Bayern Munich. Sementara spekulasi Pep Guardiola akan menangani Arsenal sepertinya hanya berpeluang tipis menjadi kenyataan mengingat posisi Arsene Wenger yang masih kuat di Arsenal serta kemungkinan Guardiola enggan menangani sebuah klub untuk jangka panjang.

Kemungkinan Manchester City Mendapatkan Pep Guardiola Musim Mendatang

Meski telah mengumumkan akan menggunakan jasa Pep Guardiola musim mendatang; namun dikabarkan belum ada kesepakatan tertulis atau pra kontrak yang telah dibuat oleh pihak Manchester City dan Pep Guardiola. Kondisi tersebut masih membuka peluang bagi klub lain untuk mendapatkan Pep Guardiola sebagai manajer mereka musim mendatang. Guardiola sendiri dikenal pernah beberapa kali berubah pikiran terkait masa depan dirinya sebagai manajer tim sepakbola saat masih menangani Barcelona dan sebelum memutuskan menangani Bayern Munich di Bundesliga. Karena alasan itulah masih ada kemungkinan pernyataan yang dikeluarkan pihak Manchester City tersebut tidak menjadi kenyataan di awal musim nanti.

Ada beberapa hal yang mungkin mempengaruhi keputusan seorang Pep Guardiola dalam memilih klub yang ingin ditangani. Salah satunya adalah pemain yang telah ada di klub tersebut. Datang ke sebuah klub dan harus mengganti sebagian besar pemain karena tidak sesuai dengan rencana taktik dan formasi merupakan sebuah kerugian. Faktor lain dapat berkaitan dengan perasaan dan keyakinan Pep Guardiola terkait dengan klub yang akan menggunakan jasa dirinya. Bahkan ketika Manchester City telah membuat perjanjian pra kontrak dengan Guardiola; masih ada kemungkinan pra kontrak tersebut tidak berlanjut menjadi kesepakatan kerja sama antara klub sepakbola dan seorang manajer. Memutus kontrak dan harus membayar kompensasi bukanlah sebuah masalah bagi Pep Guardiola jika memang ada klub lain yang bersedia membayar kompensasi tersebut dan seorang Pep Guardiola menganggap klub tersebut lebih cocok untuk ditangani pada musim mendatang.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Manchester City terkait masa depan Manuel Pellegrini dan juga pengganti manajer asal Chile tersebut mungkin dibuat untuk menekan Guardiola agar segera membuat keputusan. Mendapatkan komitmen dari Pep Guardiola merupakan hal terpenting bagi Manchester City meski kedua belah pihak tidak membuat kesepakatan pra kontrak sebelum kontrak Pellegrini habis di Manchester City dan kontrak Pep Guardiola habis di Bayern Munich.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *